Mengetahui Data Binding


Pengertian Data Binding

Data Binding adalah proses membangun koneksi antarmuka aplikasi (application UI) dan business logic. Data binding membuat kontrol-kontrol dalam form terkoneski (terkait) dengan sumber-smber data.

Konsep Data Binding

Konsep data binding yang utama adalah memberitahu control yang kita gunakan untuk memilih datasource mana yang akan kita gunakan untuk memilih data source mana yang akan kita gunakan sebagai data utama dan bagian mana yang ingin kita display dan value nilai apa yang ingin kita dapatkan bagi user tersebut.

DataBinding memiliki 2 tipe yaitu:

1. Single Value/ “Simple”, DataBinding:

Halaman kita dapat menggunakan single value data binding untk menambahkan informasi di bagian mana saja didalam halaman ASP.Net ,  bahkan dapat menempatkan sebagian informasi ke dalam control atau plain text dalam html tag, single value data binding sering disebut dengan TextDinamis untuk sekedar mengubah sebagian data yang ada.

2. Repeated- Value/ “List”, binding

Repeated-value data binding memperbolejkan kita untuk menampilkan semua data yang ada kedalam table/ komponen, tidak seperti Single-Valueyang dapat dengan mudah dan leluasa digunakan, Repeated-Value data binding membutuhkan control seperti CheckBoxList/ ListBox atau GridView

Data Source Control

Kegunaan dari DataSource:

1. Digunakan untuk berkoneksi dengan database

2. Dapat mengambil data dari datasource dan menyimpannya dalam control yang berhubungan

3. Dapat update data source ketika data pada control mengalami perubahan nilai/ value

http://www.docstoc.com/docs/43320682/konsep-data-binding

http://ilmukomputer.org/2009/03/11/aspnet/

Leave a comment